program > TUR BERPEMANDU

Tur Dipandu

Tur Museum Ullen Sentalu dipandu oleh Educator Tour yang bertanggung jawab untuk membawa pengunjung dalam penjelajahan seni dan budaya berlandaskan koleksi dan nuansa. Kehadiran koleksi museum bertujuan untuk jembatan komunikasi, sehingga Educator Tour dapat menguraikan komponen nilai dan falsafah budaya yang terkandung di dalamnya. Setiap koleksi dihidupkan melalui narasi faktual dan mitologis yang menyatu dengan nuansa tata pamer dan alam disekitarnya. Eksplorasi melalui narasi dan visual akan menuntun pengunjung untuk mengenal dan mengagumi budaya Jawa adiluhung yang diwariskannya.

program > TUR AUDIO

Tur AudioTur Audio Museum Ullen Sentalu berisi narasi penjelasan koleksi dan alur tur dalam bahasa asing (Inggris, Mandarin, Belanda, Jepang). Alat audio guide diprioritaskan untuk pengunjung mancanegara dan dapat disewa gratis dengan menitipkan kartu identitas serta harus kembali selambatnya 90 menit kemudian. Peralatan audio guide masih dalam pengerjaan.

program > PANDUAN & TATA TERTIB
Panduan dan Tata Tertib

Tips

  • Bawalah payung atau mantel hujan pada musim penghujan (September-Maret) dan gunakan alas kaki yang sesuai untuk daerah berbukit.
  • Museum tidak bertanggung jawab atas barang bawaan yang tertinggal atau hilang, tapi setiap barang tertinggal dapat menghubungi loket museum pada nomor (0274) 895161 atau sekretariat pada nomor (0274) 880158.

Tata Tertib

  • Koleksi; tidak diizinkan menyentuh dan memotret koleksi atau merekam penjelasan kurator.
  • Pada akhir tur akan diberitahukan lokasi untuk pemotretan dan hanya diijinkan dengan menggunakan peralatan sewajarnya serta tidak diperkenankan untuk pemotretan keperluan company profile atau pre-wedding album. Bagi rombongan pelajar  dan mahasiswa yang membutuhkan keterangan lebih lanjut atau foto museum dapat menghubungi sekretariat terlebih dulu sebelum tur diadakan pada nomor (0274) 880158.
  • Tidak diizinkan merokok, makan dan minum selama tur berlangsung. Bagi yang ingin bersantai lebih lanjut dapat meluangkan waktunya di café & restoran Buikenhof atau area di sekitar Jawa Bazaar dan MUSE museum shop.
  • Ransel, Tas Besar, Ponsel dan Gadget; Tidak diizinkan membawa ransel dan tas besar ke dalam museum. Ponsel dan gadget harap di non-aktifkan selama mengikuti tur. Tersedia locker di pintu masuk bagi yang membutuhkan penitipan barang.
   
program > JELAJAH

Jelajah

Jelajah Budaya merupakan program ke depan Museum Ullen Sentalu untuk umum yang dirancang untuk memperkenalkan keragaman seni dan budaya Jawa  dengan tur keluar museum, baik di lingkungan sekitar museum (Kaliurang) maupun ke zona lebih jauh yang meliputi beragam candi peninggalan era klasik hingga napak tilas ke berbagai situs sejarah di Selatan Yogyakarta (Kotagede). Tunggu saja kehadirannya sebelum pergantian tahun 2014 ke 2015.

program > ROMBONGAN

Rombongan

Museum Ullen Sentalu menyambut rombongan pengunjung yang ingin mengenal dan memaknai seni dan budaya Jawa bersama kami. Rombongan pengunjung diharapkan melakukan reservasi terlebih dahulu agar mendapatkan prioritas dalam rute tur. Bagi rombongan pengunjungakan mendapatkan 1 tiket gratis untuk setiap pembelian 25 tiket dan hanya berlaku bagi pembelian tiket dewasa domestik

Rombongan Pelajar
Museum Ullen Sentalu mengundang siswa-siswi SD, SMP, atau SMA untuk belajar melalui tur museum. Dalam tur yang edukatif, para pelajar diajak mengeksplor sejarah Indonesia terkhususnya pada rentang era keemasan Dinasti Mataram serta diperkenalkan pada seni dan kebudayaan Jawa yang berpusat dan berkembang di daerah vorstenlanden (Yogyakarta dan Surakarta). Museum Ullen Sentalu memberikan harga khusus bagi rombongan pelajar, untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat di nomor (0274) 880158.

copyright © 2017 museum ullen sentalu