beranda > KUTIPAN
 

10 Museum Teratas

http://travel.detik.com/read/2013/06/27/102225/2285560/1382/ullen-sentalu--9-museum-paling-favorit-di-indonesia 

Museum Terbaik di Indonesia

http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/07/ullen-sentalu-didapuk-sebagai-museum-terbaik-di-indonesia


Surprise Find

http://www.lonelyplanet.com/southeast-asia/indonesia/java/central-java/around-yogyakarta/kaliurang/sights/museums-galleries/ullen-sentalu

 

Ullen Sentalu pantas mendapat gelar Museum terbaik di indonesia!

citilink inflight magazine - juni2005

 

Museum Terbaik di Indonesia

https://www.tripadvisor.co.id/ShowUserReviews-g294230-d1738026-r248650406-Ullen_Sentalu-Yogyakarta_Java.html

beranda > HARI TARI DUNIA 2019

Museum Ullen Sentalu kembali menyelengarakan event Hari Tari Dunia 2019. Tagline yang didengungkan pada event ini adalah Gegara Menari, yang berarti Gara-Gara Menari.
Sementara sub-tagline Urip Mawa Urup, Urip Hanguripi merupakan pepatah jawa yang bemakna semangat dalam hidup yang memberi hidup. Arti keseluruhan Tag dan Sub-tagline Gara-Gara Menari adalah tari memberi kehidupan, tari menjadi identitas bangsa yang beradab, tari memberi dan menciptakan bermacam dampak lainnya. 

Diikuti oleh berbagai sanggar tari diantaranya adalah Krida Beksa Wirama(KBW), Lintang Kaliurang, Pawiyatan Ullen Sentalu dan Candrasa. Suatu kebanggaan bagi Ullen Sentalu karena Krida Beksa Wirama selaku sanggar tari tertua di Jawa berkenan untuk menampilkan tarian klasik Jawa. Berikut adalah sepenggal cerita yang dibawakan oleh masing-masing sanggar tari:
1. Tari Manunggaling Rasa sebagai tari pembuka, ditampilkan oleh Pawiyatan Museum Ullen Sentalu, Cerita bercerita tentang menyatunya rasa, antara manusia dengan Tuhan dan dengan sesama. Hubungan horizontal dan vertical. Mendekatkan diri pada Sang Maha Pencipta dan mengasihi sesama manusia merupakan harkat terpenting
2. Corak Ing Canthing dipersembahkan oleh Sanggar Tari Lintang Kaliurang. Indonesia memiliki keanekaragaman batik. Corak yang dimiliki sangat indah dan penuh makna. Tahap pembuatan suatu karya batik tak ubahnya simbol tahap-tahap manusia dalam menjalani kehidupannya. Semua terlukis indah dalam corak yang digoreskan oleh canthing.
3. Suci Sang Puspita penampilan kedua Sanggar Tari Lintang Kaliurang. Bunga melati bukan hanya bunga biasa yang dimanfaatkan manusia tetapi juga mempunyai makna filosofi. Bunga ini merupakan simbol kesucian, ketulusan dan kebersihan hati. Melati sangat popular dalam kehidupan masyarakat karena bunga ini juga dianggap sebagai lambang kesuburan, kesejahteraan, dan kemakmuran. Dibalik penampilan dan semerbak harumnya yang menggoda, melati juga menyiratkan kesucian, budi pekerti yang rupawan dan sederhana.
4. Tari Golek Nawung Asmara ditampilkan oleh Kridha Beksa Wirama. Tarian ini adalah karya Romo Sasminta Mardawa yg menceritakan tentang seorang gadis yang sedang menginjak dewasa dan ditandai dengan suka bersolek yang dalam bahasa Jawa Ngadi Salira dan Ngadi Busana. Tari Golek Nawung Asmara ini dinamai juga Golek Ayun-Ayun karena gending yg mengiringi adalah Ladrang Ayun-Ayun.
5. Tari Srimpi Rangu–Rangu penampilan kedua Kridha Beksa Wirama yang juga merupakan maha-tari (masterpiece) perayaan Hari Tari Dunia 2019. Tarian ini menggambarkan empat penari putri yang sedang berolah keterampilan. Memiliki makna harapan tentang suatu keindahan yang akan mendatangkan kebahagiaan.
6. Tari Wiyama Pancaroma Nuraga dibawakan Group Candrasa sebagai penutup Hari Tari Dunia 2019. Tarian ini memiliki arti simpati dan berbagi rasa dan mengisahkan keberagaman yang ada merupakan sarana untuk berbagi tugas, diantaranya memperindah, menambah rasa, melestarikan, meningkatkan rasa dan cinta serta persatuan sebangsa dan satu tanah air Indonesia. Dalam koreografinya terdapat penyambutan, penghormatan dan pembukaan. Beberapa koreografi yg semestinya ditarikan oleh penari pria dibawakan oleh penari wanita yang menyimbolkan tari sebetulnya tidak mengenal perbedaan gender.
7. Tari Kemenangan yang didedangkan oleh Gabungan Artis pada parade penutupan Asian Games 2018 akan menutup rangkaian acara dan kebersamaan kita dalam Hari Tari Dunia 2019, sampai jumpa di HTD 2020.

 

beranda > FOTO TERBARU

Data tidak ditemukan.

copyright © 2019 museum ullen sentalu